Senin, 12 November 2012

First Story part MODP Muamalat

As I promise you before, now I will tell you about MODP Muamalat.
Pertama kali daftar MODP Muamalat itu lewat email, smacam kirim cv, foto, ama surat lamaran gitu deh.
Setelah nunggu sebulanan, akhirnya saya dapet email dari HCD Muamalat supaya tgl 4 Oktober 2012 dateng ke GSP UGM buat tes tertulis tentang pengetahuan dasar agama Islam dan perbankan syariah.
Langsung deh tu saya googling tentang perbankan syariah dan nemu webnya si wikipedia.
Belajarlah saya tentang istilah-istilah perbankan syariah dari si wikipedia.
Ternyata si wikipedia ini ngebantuuuuuuuu banget. Serius.
Banyak istilah-istilah yang sebelumnya saya baca di wikipedia ini keluar di soal-soal tesnya.
Kalau soal pengetahuan agama Islamnya sih mendasar yah, rukun islam, rukun iman, ama ilmu fiqih lah pokoknya. Jadi ngerasa beruntung nih dulu pernah ikut TPA (Taman Pengajian Al-Quran). *wink*
Hasil tes tertulis awal ini langsung keluar siang itu juga, katanyaaa..
Tapi ternya pengumuman ditunda sampe jam 4 sore. Gila aja, baru jam 12 udah suruh nunggu sampe jam 4 sore?? Ckckckck..
Akhirnya saya maen-maen dulu di Galeria Mall Jogja sama si Nana sampe jam 3an..
Pas balik ke GSP ternyata hasil tesnya udah keluar, dan nama saya TERCANTUM di daftar peserta yang lolos tes. OK sip, balik deh ke solo dengan hati riang gembira :))

5 Oktober 2012 saya kembali lagi ke Jogja, langsung menuju kantor Bank Muamalat yang ada di daerah Mangkubumi. Hari itu saya dijadwalkan untuk initial interview jam 9 pagi.
Bertemulah saya dengan seorang bapak yg sedang sibuk telpon-telponan ngomongin masalah sewa gedung.
Antara bingung dan nggak tau mau ngapain, saya duduk manis di depan si bapak yg lagi asik nelpon karena saya dipersilakan duduk sama si bapak interviewer itu.
Tapi hampir setengah jam ternyata itu telpon kagak selese-selese juga bos..
Karena tengsin, akhirnya si bapak keluar ruangan buat nglanjutin telpon-telponannya.
15 menit berlalu, si bapak akhirnya balik lagi ke ruangan dan mulai "mengintrogasi" saya.
Pertanyaannya seputar perkuliahan, kegiatan setelah lulus, kenapa tertarik kerja di bank, dan apa kelebihan serta kekurangan diri saya.
Wawancara berlangsung sekitar 20 menit. Saya pun disuruh pulang dan menunggu kabar selanjutnya.

Setelah berhari-hari nunggu, akhirnya dapet juga sms dari Muamalat.
Saya dinyatakan LOLOS initial interview dan diundang untuk psikotes tgl 11 Oktober 2012.
Berangkaaaaaaat..
Dianterin dan ditemenin sama Wina (temen SMA) akhirnya saya ikut psikotes dari jam 12.30 sampe jam 17.15 sore nonstop sodara-sodaraaaa..
Sampe pegel ini tangan bunderin LJK :[
Tapi abis magrib pengumumannya langsung keluar, cepet kaaaaan..
Iyalah, kan uda pake sistem komputerisasi, jadi bisa langsung keluar hasilnya hari itu juga..
Lolos? Iya dooooong, hahahaha *jumawa*

12 Oktober 2012 jam 11.00 saya pun tes wawancara psikolog.
Durasinya sih cuma sejam. Berhubung saya doyan ngobrol, jadi yaaaa sejam itu cepet banget selesenya. hahaha..
Pertanyaannya? Yaaaaa seputar kepribadian gitu deh sama motivasi, pencapaian, dan cara menangani masalah.
Setelah wawancara psikolog ini saya sempet Hopeless sodara-sodara..
Soalnya udah hampir 2 minggu dari tgl tes saya nggak dapet kabar lagi dari Muamalat.
Mulailah saya merelakan MODP Muamalat ini..
Tapi ketika saya berusaha untuk melepas ini si MODP, ternyata Muamalat sms bilang kalau saya LOLOS wawancara psikolog. hahahahaha gilaaaaa bener-bener gilaaaaa..

29 Oktober 2012 saya pun ke Jogja lagi buat tes TOEFL ITP di LIA Jogja.
Pertama-tama sih interview singkat sama tentornya LIA Jogja. Disuruh pilih satu topik, dan saya pilih fashion. Terus saya ditanya-tanya deh seputar fashion. Kalau kata anak-anak SD Jakarta sih, ganciiiiiil..
Jawaban saya simple aja tapi tetep ngena. Aseeeeeeeeek..
Seminggu kemudian ternyata saya di sms lagi ama Muamalat.
LOLOS lagi brur.. Alhamdulillah :))

12 November 2012 jam 11.00 WIB akhirnya saya wawancara area manager di kantor Muamalat yg di daerah Mangkubumi Jogja.
Ulalaaaaaa.. pertanyaannya unpredictable bangeeeet..
Satu pertanyaan yg paling bikin kaget dan gelagapan : "Apa yg bisa kamu kasih ke Bank Muamalat kalau nanti kamu keterima di MODP ini?"
Jeng jeeeeeeeeeeng.. Bingunglah saya mau jawab apa..
Tapi akhirnya saya bisa nemuin satu kalimat sederhana tapi ngena untuk jawab pertanyaan si ibu tadi.

Sekarang tinggal nunggu kabar selanjutnya nih, bakalan lolos ato nggak..
Kalau lolos ya berarti saya harus ikut MCU sama wawancara BOD dulu baru bisa bergabung di MODP Muamalat.
Fighting (9^_^)9 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar